Cara Untuk Mulai Berinvestasi Secara Online

Cara Untuk Mulai Berinvestasi Secara Online

Cara Untuk Mulai Berinvestasi Secara Online – Semua orang pasti setuju jika investasi adalah kunci utama dari kekayaan. Investasi tidak hanya terikat dengan kehidupan nyata yang kita jalani saja. Terkadang, pada saat memainkan game pun, kita harus dipaksa untuk ‘menginvestasikan’ sesuatu. Ya, hal yang paling besar kita curahkan adalah waktu.

Kita tenggelam kedalam game yang begitu seru. Seperti di Minecraft, misalnya. Di dalam game tersebut, kita harus bisa menginvestasikan segala macam sumber daya dengan baik agar bisa selamat. Segala macam sumber daya kita simpan, agar kemudian bisa dipakai atau dijual di kemudian hari. Sistem ini sudah ada di Minecraft, cobalah mendownload Minecraft dan rasakan sendiri pengalamannya.

Tapi tentu saja, investasi di dunia nyata jauh lebih sulit dan beresiko daripada di video game. Ada banyak sekali faktor yang patut dipertimbangkan, termasuk faktor kemudahan. Untungnya, kita sudah dihadapkan pada era dimana investasi sangat dibuat mudah dengan sistem online.

Beberapa bulan pertama di tahun 2021 telah mengungkap sekelompok investor baru yang tertarik untuk mulai berinvestasi online dengan membeli dan menjual saham.

Di permukaan, membeli dan menjual saham mungkin tampak rumit. Sementara analis media dan pakar keuangan top menjadi kurang efektif secara teknis, memahami bagaimana saham dibeli dan dijual relatif menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Namun, penjelasan singkat tentang pasar dan bursa akan membantu kalian untuk lebih memahami tentang berinvestasi secara online.

Kenapa Perdagangan Saham Diperlukan?

Bursa saham memberikan layanan penting kepada investor individu dan institusi yang ingin berinvestasi di satu atau beberapa perusahaan. Singkatnya, bursa saham dan pasar membantu perusahaan, individu, dan bahkan pemerintah untuk menginvestasikan dana.

Salah satu fungsi bursa saham yang paling penting adalah memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan modal untuk kebutuhan pertumbuhan dan ekspansi. Jika tidak, perusahaan harus mengandalkan pinjaman dari bank yang tentu sangat menyusahkan di masa yang akan datang.

Perusahaan yang membutuhkan tambahan modal operasi dapat melakukan Initial Public Offering (IPO) dan menjual saham kepada investor. Perusahaan dapat menggunakan dana tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya bunga yang terkait dengan pinjaman tradisional.

Namun, perusahaan harus menunjukkan pertumbuhan dan profitabilitas positif untuk mempertahankan dan meningkatkan harga sahamnya. Dan hal ini tentu tidaklah mudah untuk dilalukan. Perlu adanya berbagai macam usaha yang kompleks, yang harus dilakukan oleh perusahaan.

ilustrasi pergerakan harga saham
Ilustrasi pergerakan harga saham – Sumber: investorplace.com

Apa Itu Saham?

Saham adalah sertifikat yang menunjukkan kepemilikan ekuitas di perusahaan. Membeli saham perusahaan memberi kalian kepemilikan di perusahaan itu. Setiap saham dihargai dengan harga tertentu saat ditawarkan secara publik. Jika perusahaan memenuhi atau melampaui ekspektasi investor, harga per saham biasanya akan meningkat.

Namun, perlu diingat bahwa banyak faktor yang berdampak pada harga saham perusahaan. Beberapa faktor tersebut mungkin berada di luar kendali perusahaan.

Persentase kepemilikan tergantung pada berapa banyak saham yang dialokasikan. Investor dapat membeli dan memiliki saham di perusahaan swasta serta perusahaan publik.

Bagaimana Cara Membeli Saham?

Awal hingga pertengahan 1980-an, kalian bisa melihat kebangkitan puncak perusahaan pialang yang full-service seperti Merrill Lynch, UBS, dan Goldman Sachs.

Film 1987, Wall Street, yang dibintangi Michael Douglas dan Charlie Sheen, adalah contoh sempurna tentang bagaimana “pialang saham” muda dan haus akan keuntungan akan mencoba selama berjam-jam mencoba melempar saham individu ke investor individu.

Dulunya, kalian harus langsung datang ke bursa, atau berkomunikasi dengan pialang saham, yang bisa saja beresiko. Dengan melihat film ‘Wolf of Wall Street’, kalian bisa melihat betapa lugunya calon-calon investor, sehingga mereka dapat dengan mudah dibohongi. Tentu hal ini sangatlah berbahaya, maka dari itu, kalian perlu setidaknya sedikit pengetahuan mengenai perusahaan yang akan kalian percaya.

Dengan datangnya era modern, berinvestasi di pasar saham tidak pernah sebegitu mudah. Untuk membeli atau menjual sekuritas yang terdaftar, kalian hanya perlu membuka akun saja. Orang tua atau kakek-nenek kalian mungkin membeli sekuritas melalui “pialang saham” yang bekerja untuk perusahaan pialang.

Setelah kalian memutuskan berapa banyak saham perusahaan tertentu yang ingin kalian beli, kalian dapat melakukan order jika sudah merasa nyaman dengan harga saham saat ini.

Penting untuk diingat bahwa bagi setiap pembeli, harus ada penjual. Jika kalian menetapkan harga berdasarkan pasar, itu berarti kalian bersedia membeli saham dengan harga terbaik yang tersedia. Jika harga saham adalah $ 10 ketika kalian melakukan order, harganya bisa saja sedikit lebih tinggi ketika dieksekusi.

Saat ini, banyak investor pemula yang nyaman membuka akun online dengan perusahaan pialang terdaftar. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan bantuan aplikasi investasi terbaik, yang membantu mereka dengan berbagai fitur yang menarik.

Baik kalian membuka akun secara langsung atau online, kalian harus memberikan informasi yang diperlukan dan mendanai akun kalian dengan mentransfer sejumlah saldo.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, beberapa perusahaan pialang mengenakan komisi untuk setiap perdagangan, dan sementara ada beberapa perusahaan yang tidak menerapkan hal ini. Pastikan kalian memahami biaya terkait sebelum melakukan trading, agar tidak terjebak fee jual dan fee beli yang mencekik.

Mahasiswa Sistem Informasi. Suka menulis tentang dunia teknologi, terutama yang berkaitan dengan gadget terbaru. Banyak menghabiskan waktu senggang dengan menonton film dan anime.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini